Clixsense.com

vibrant vitalities

VibrantVitalities.com

prosperousboom

ProsperousBoom.com

traffic G

TrafficG.com - The best site on the net for *free* Website promotion!

Klik di sini .. gabung dengan Eimimo .com

Minggu, 31 Maret 2013

menghitung volume silinder

-->
dengan adanya beberapa jenis motor yang mempunyai teknologi yang dapat dibilang canggih, dan punya spesifikasi yang diatas rata rata motor biasa serta memiliki tekanan kkompresi yang lebih besar maka tidak ada salahnya kita tahu dan belajar tentang kompresi ini..
ok.. cara menghitung kompresi adalah:
E =

VL = volume silinder
VB  = volume ruang bakar
VC =
E = Perbandingan kompresi
VL   =  Volume langkah  ……..  cc
VC  =  Volume kompresi  ……  cc
contoh????
Tentukan volume kompresi sepeda motor Honda Astrea Grand bila diketahui diameter silinder 50 mm dan panjang langkah piston 49,5 mm, perbandingan kompresi 8,8 : 1
Solusi:
D = 50 mm = 5 cm
 L = 49,5 mm = 4,95 cm 
 E = 8,8
VL =   x D2 x L
=   x 52 x 4,95
= 0,785 x 25 x 4,95
 = 97,19 cc                         
VC =
   = 12,46
jadi, volume kompresi motor tersebut adalah 12,46cc!!

tambahan:
Perbandingan Kompresi
Nilai Oktan
6 : 1
81
7 : 1
87
8 : 1
88
9 : 1
90
10 : 1
92
11 : 1
95
12 : 1
98
Biar ngga nglitik …
semoga bermanfaat dan bila ada kekurangan mohon komentarnya  !

Menghitung Volume Silinder
Volume silinder atau cylinder capacity adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah) sampai posisi TMA (titik mati atas). Jadi yang dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA, atau sebaliknya. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber. Volume ini bukan termasuk volume silinder.
untuk menghitung volume silinder kita perlu tahu dahulu rumusan yang dipakai.
Volume silinder biasa disimbolkan dengan VL, dengan satuan cc (centimeter cubic) ada juga yang memakai satuan cf (cubic feet) dan cubic inchi.
VL =  xx S x n.
       = 0,785 x x L x n
Dimana :
VL : volume silinder (cc ato cm3)
D : diameter silinder atau piston (cm)
L : panjang langkah piston (cm) atau jarak antara TMA ke TMB.
n : jumlah silinder.
Oke, kalau sudah tahu rumus nya, kita bahas masing2 variable...
•0,785 adalah konstanta, sebenarnya didapat dari penyederhanaan rumus  
  . Karena rumus volume silinder sama dengan rumus volume tabung.
•D adalah bore atau diameter dari silinder dalam yang diukur dengan alat bore gauge (atau pake' jangka sorong/ mistar geser jika tak memiliki bore gauge) atau juga diameter piston dengan micro meter.
•L adalah stroke atau panjang langkah piston adalah jarak antara TMA sampai TMB.
•n adalah banyak nya silinder. Contoh: mesin CBR 1000cc 4silinder, berarti n=4. Mesin Yamaha Scorpio 225cc 1silinder, n=1.
Nah, jika sudah memahami variable rumus diatas, kita coba menghitung volume silinder.
Coba lihat data atau spesifikasi teknis mesin yang ada di brosur penjualan motor atau mobil.
Biasanya tertulis bore x stroke = 50 x 55 mm (Honda Beat satu silinder).
Maka, rubah satuan mm menjadi cm.
D = 50 mm= 5 cm, L = 55 mm= 5,5 cm.
Maka, volume silinder
VL = 0,785 x
 x 5,5 x 1
VL = 107,93 cc
Dibulatkan jadi 108 cc dibulatkan lagi jadi 110 cc


»» Readmore

fungsi bagian-bagian tranmisi

  Syarat - syarat yang harus dimiliki oleh tranmisi :
1. waktu memindahkan tenaga harus cepat, mudah dan tidak berbunyi
2. harus kecil, ringan, tidak rusak dan mudah di operasikan/diperbaiki
3. ekonomis dan mempunyai efisien tinggi

  Fungsi Fungsi bagian tranmisi :
1. input shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari kopling ke tranmisi
2. output shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga putar yang keluar dari tranmisi yang selanjutnya dipindahkan ke propeler shaft
3. gigi -gigi percepatan terdapat pada output shaft yang dapat berputar bebas terhadap output shaft. fungsi roda gigi percepatan adalah untuk menentukan gear ratio yang terjadi pada tranmisi yang akan merubah kecepatan/ momen yang keluar dari tranmisi
4. counter gear & shaft berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari input shaft ke gigi percepatan
5. reserve idle gear dan shaft berfungsi untuk merubah arah putaran output shaft sehingga berlawanan dengan putaran anput shaft agar kendaraan berjalan mundur
6. mekanisme syncromesh berfungsi untuk menghubungkan dan memindahkan shaft ke output shaft melalui counter gear dan gigi percepatan dengan cara mengadakan pengereman, mekanisme syncromesh ini terjadi dari beberapa bagian antara lain :
 a. clutch hub
     berkaitan dengan output shaft pada alur - alur nya sehingga apabila clutch hub berputar maka output shaft juga turut berputar
b. clutch hub sleeve
    clutch hub sleeve dapat bergerak maju dan mundur pada alur bagian luar clutch hub sedangkan bagian dari luar clutch hub sleeve berkaitan dengan shift fork. fungsi clucth hub untuk menghubungkan gigi -gigi percepatan dengan clutch hub.
c. syncronizering
    antara gigi percepatan bagian yang tirus dengan clutch hub dipasangkan syncronizering yang di pasangkan untuk menyamakan putaran gigi percepatan dan hub sleeve dengan jalan mengadakan pengereman terhadap gigi percepatan (bagian yang tirus) pada saat shift fork menekan hub sleeve.
d. shifting key
    shifting key dipasangkan pada 3 (tiga) buat tempat yang terdapat pada synchronizer ring dan clutch hub.
    fungsi shifting key untuk meneruskan gaya tekan dari hub sleeve yang selanjutnya diteruskan ke synchronizer ring agar terjadi pengereman pada bagian yang tirus gigi percepatan.
e. key spring
    key spring berfungsi u ntuk menekan shifting key agar tetap tertekan ke arah hub sleeve
»» Readmore

Tranmisi

       Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya.
      Model model Tranmisi
#Constant mesh











#Sliding Mesh








#Syncromesh









      Jenis - jenis Tranmisi
- Tranmisi Biasa --> tranmisi dengan gardan terpisah
- Tranmisi Axle --> tranmisi dengan gardan menyatu
- Tranmisi Case --> mempunyai dua gardan (di mobil 4WD)
- Tranmisi Otomatis

     Macam-macam perpindahan transfer case
N : Netral
H2 : menggerakkan roda belakang dengan kecepatan tinggi
H4 : menggerakkan keempat roda dengan kecepatan tinggi
L: menggerakkan keempat roda dengan kecepatan rendah 65 km/jam


     Fungsi Tranmisi
1. untuk memperbesar (moment) tenaga, pada saat moment besar diperlukan/di butuhkan
2. untuk memperkecil (moment) tenaga, pada saat kendaraan dalam kecepatan tinggi
3. untuk memundurkan dan memajukan mobil

    Rumus perbandingan roda gigi (gear ratio)

    Kombinasi dasar Roda Gigi
A : roda gig penggerak (drive gear)
B : roda gigi yang di gerakkan (driven gear)

    Komponen - komponen Tranmisi
1. poros input
2. poros output
3. gigi gigi percepatan
4. counter gear (gigi penghubung)
5. revers idle gear (gigi mundur)
6. mekanisme syncromesh
    - clutch hub
    - clucth hub sleave
    - syncronizering (ring syncromesh)
    - shifting key
    - key spring
»» Readmore

Mobil buatan siswa UI


Di kutip dari VIVA News - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan, dan ultra efisien karya para mahasiswa Fakultas Teknik. Mobil itu bernama Keris RV dan Kalabia Evo 3.

Keduanya bakal tampil di ajang kompetisi Shell-Eco Marathon 2013 di sirkuit Sepang, Malaysia. Pada kategori prototype, UI mengirimkan tim Nakula yang telah merancang mobil Keris RV dengan target konsumsi bahan bakar 450 km/liter.

Sementara itu, pada kategori Urban Concept, UI mengirimkan tim Sadewa dengan rancangan mobil bernama Kalabia Evo 3, yang merupakan kendaraan ultra efisien dan ramah lingkungan berbasiskan teknologi mutakhir hasil pemikiran mahasiswa.




Dan juga Klik Eimimo.com untuk menambah penghasilan anda dengan uang dollar yang pendaftarannya GRATIS , pertama Login kamu di bayar sebesar $10 , enak bukan? cobain deh ikut gabung :)

»» Readmore