Model model Tranmisi
#Constant mesh
#Sliding Mesh
#Syncromesh
Jenis - jenis Tranmisi
- Tranmisi Biasa --> tranmisi dengan gardan terpisah
- Tranmisi Axle --> tranmisi dengan gardan menyatu
- Tranmisi Case --> mempunyai dua gardan (di mobil 4WD)
- Tranmisi Otomatis
Macam-macam perpindahan transfer case
N : Netral
H2 : menggerakkan roda belakang dengan kecepatan tinggi
H4 : menggerakkan keempat roda dengan kecepatan tinggi
L4 : menggerakkan keempat roda dengan kecepatan rendah 65 km/jam
Fungsi Tranmisi
1. untuk memperbesar (moment) tenaga, pada saat moment besar diperlukan/di butuhkan
2. untuk memperkecil (moment) tenaga, pada saat kendaraan dalam kecepatan tinggi
3. untuk memundurkan dan memajukan mobil
Rumus perbandingan roda gigi (gear ratio)
Kombinasi dasar Roda Gigi
A : roda gig penggerak (drive gear)
B : roda gigi yang di gerakkan (driven gear)
Komponen - komponen Tranmisi
1. poros input
2. poros output3. gigi gigi percepatan
4. counter gear (gigi penghubung)
5. revers idle gear (gigi mundur)
6. mekanisme syncromesh
- clutch hub
- clucth hub sleave
- syncronizering (ring syncromesh)
- shifting key
- key spring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar