Syarat - syarat yang harus dimiliki oleh tranmisi :
1. waktu memindahkan tenaga harus cepat, mudah dan tidak berbunyi
2. harus kecil, ringan, tidak rusak dan mudah di operasikan/diperbaiki
3. ekonomis dan mempunyai efisien tinggi
Fungsi Fungsi bagian tranmisi :
1. input shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari kopling ke tranmisi
2. output shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga putar yang keluar dari tranmisi yang selanjutnya dipindahkan ke propeler shaft
3. gigi -gigi percepatan terdapat pada output shaft yang dapat berputar bebas terhadap output shaft. fungsi roda gigi percepatan adalah untuk menentukan gear ratio yang terjadi pada tranmisi yang akan merubah kecepatan/ momen yang keluar dari tranmisi
4. counter gear & shaft berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari input shaft ke gigi percepatan
5. reserve idle gear dan shaft berfungsi untuk merubah arah putaran output shaft sehingga berlawanan dengan putaran anput shaft agar kendaraan berjalan mundur
6. mekanisme syncromesh berfungsi untuk menghubungkan dan memindahkan shaft ke output shaft melalui counter gear dan gigi percepatan dengan cara mengadakan pengereman, mekanisme syncromesh ini terjadi dari beberapa bagian antara lain :
a. clutch hub
berkaitan dengan output shaft pada alur - alur nya sehingga apabila clutch hub berputar maka output shaft juga turut berputar
b. clutch hub sleeve
clutch hub sleeve dapat bergerak maju dan mundur pada alur bagian luar clutch hub sedangkan bagian dari luar clutch hub sleeve berkaitan dengan shift fork. fungsi clucth hub untuk menghubungkan gigi -gigi percepatan dengan clutch hub.
c. syncronizering
antara gigi percepatan bagian yang tirus dengan clutch hub dipasangkan syncronizering yang di pasangkan untuk menyamakan putaran gigi percepatan dan hub sleeve dengan jalan mengadakan pengereman terhadap gigi percepatan (bagian yang tirus) pada saat shift fork menekan hub sleeve.
d. shifting key
shifting key dipasangkan pada 3 (tiga) buat tempat yang terdapat pada synchronizer ring dan clutch hub.
fungsi shifting key untuk meneruskan gaya tekan dari hub sleeve yang selanjutnya diteruskan ke synchronizer ring agar terjadi pengereman pada bagian yang tirus gigi percepatan.
e. key spring
key spring berfungsi u ntuk menekan shifting key agar tetap tertekan ke arah hub sleeve
infony mantap, thanks
BalasHapusCara mengukur lebar alur (key slot) synchronizer ring gimana mas?
BalasHapusPake dial indikatir
HapusCara mengukur lebar alur (key slot) synchronizer ring gimana mas?
BalasHapusPkek vernier caliper
HapusKerusakan pada key spring
BalasHapusRacetech Titanium - Tested and certified by Nautilus
BalasHapusA fully working prototype of titanium flat iron the micro touch hair trimmer racingtech titanium is at its titanium ion color best as it incorporates a full-body version of the titanium gr 2 Motorola sports smith titanium car, the S.